Senin, 22 Agustus 2016

Inilah Beberapa Penyebab Munculnya Ketombe dan Cara Mengatasinya

Ketombe atau bercak putih dalam jumlah banyak dikepala memang jadi salah satu problematika kesehatan yang sering kali kita jumpai. Biasnya rambut yang kotor dan jarang dibersihkan yang sering kali jadi tempat dan sarang ketombe untuk tumbuh lebat. Bahkan tak sedikit dari masalah ketombe yang mengakibatkan timbulnya kutu rambung sehingga mengakibatkan gata pada kepala.

Penyebab Ketombe

Apa yang menyebabkan ketombe bisa tumbuh subur di kepada? Menurut para ahli yang menyebabkan ketombe datang dikepala lebih dikarenakan adanya jamur pada orang yang bermasalah dengan ketombe. Dimana jamur penyebab ketombe tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil yang bisa dikategorikan sebagai bakteri Malessezia. Dan munculnya ketombe sendiri lebih diperparah oleh beberapa faktor dibawah ini.

1. Stres
Stes atau yang juga dikenal dengan sebutan depresi menurut para ahli dapat mempengaruhi psikologis manua sehingga dapat menyebabkan ketidakstabilan hormon pada tubuh. Ketidak stabilan hormon tersebut ternyata dapat berdampak pada ketombe yang mengakibatkan minyak kulit pada kepada memproduksi secara berlebihan.

2. Kulit Kepala Berminyak
Sebenarnya, jika anda mengamali kulit kepala yang berminyak secara berlebih, anda bisa mengatasinya dengan kerasam menggunakan shampo. Namun, ditemukan beberapa kasus yang ternya minyak pada kulit kepada terbilang sulit untuk dihilangkan, yang mengakibatkan munculnya bakteri Malassezia. Bakteri jenis ini memang seringkali muncul pada kulit kepala yang memproduksi minyak secara berlebih.

3. Alergi Produk
Salah satu produk perawatan rambut yang seringkali digunakan adalah shampo. Tentu kami menyarankan agar ada lebih cermat dan pintar dalam memilih produk shampo. Pasalnya, tidak semua produk shampo cocok untuk merawat rambut anda. Jika anda salah memilih produk shampo bukan tidak mungkin dapat menyebabkan kesehatan rambut anda sehingga dapat menyebabkan ketombe.

Cara Mengatasi Ketombe

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ketome, seperti diantaranya menggunakan bahan-bahan alami dibawah ini.

1. Garam
Untuk menghilangkan ketombe menggunakan garam anda bisa melakukannya dengan sangat mudah. Anda bisa menaburkan garam pada kulit kepada yang sebelumnya sudah anda basahi terlebih dahulu. Setelah itu anda pijat secara perlahan-lahan. Dengan menggunakan garam juga bisa mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan memusnahkan bakteri maupun jamur yang ada dikulit kepala.

2. Jeruk Nipis
Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk menghilangan ketombe dengan cara memeras airnya dan kemudian diamkan sejenak. Anda bisa membasahi rambut dengan menggunakan air biasa yang kemudian mengusapkan air perasan jeruk nipis tersebut secara perlahan pada kulit kepala. Agar hasilnya lebih maksimalkan, diamkan selama 10 menit. Jika sudah, basahi rambut dengan air dan shampo.

3. Lidah Buaya
Tentu sudah bukan rahasia lagi jika lidah buaya memiliki manfaat bagi kesehatan rambut. Dengan beragam kandungan yang dimiliki lidah buaya dapat menyehatkan rambut. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Demikian sedikit informasi mengenai beberapa penyebab ketombe dan cara mengatasinya yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar